P. Pisau

DPKD Pulpis Gelar Sosialisasi Pengembangan Literasi Berbasis Inklusi Sosial

PULANG PISAU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar sosialisasi pengembangan literasi berbasis inklusi sosial.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Maliku, Pulpis itu diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Kepala Desa (Kades) dan Pengelola Perpustakaan Desa dari 4 kecamatan, yakni Maliku, Pandih Batu, Kahayan Kuala, dan Kahayan Hilir.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pulpis, Widi Harsono via Whats App mengatakan sosialisasi pengembangan literasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini dalam rangka mewujudkan masyarakat cerdas dan sejahtera.

"Dalam kegiatan itu selain narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pulpis juga dihadiri oleh Pustakawan Rusma Hadi sebagai Narasumber," ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pulpis, Widi Harsono , Jumat (29/10/2021).

Widi menjelaskan literasi tidak hanya sebatas kemapuan membaca dan menulis. Tetapi juga mampu mengembangkan dan mentransfer wawasan dan ilmu dari hasil membaca buku maupun dari pengetahuan dan pengalaman yang di dapat dari membaca buku, pengetahuan dan pengalaman tersebut.

Sementara perpustakaan inklusi sosial, lanjutnya, merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang tujuannya berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya pengguna perpustakaan guna menfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensi yang ada dengan keragaman budaya dan kearifan lokal.

"Melalui kegiatan sosialisasi pengembangan literasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini diharapkan dapat menggali potensi yang ada dimasyarakat sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera,” pungkasnya.

(Antang)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments