Barsel

DPRD Barsel Ajak Masyarakat Aktif Ikut Gerakan Hidup Sehat

BUNTOK – Pada hari MInggu, 19/11/2023,  Sudiarto, Anggota DPRD Barito Selatan, menekankan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi kunci penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sudiarto mengungkapkan perlunya kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat.

Ia berharap agar instansi terkait lebih intensif dalam melakukan sosialisasi Germas kepada masyarakat setempat. "Sosialisasi ini penting agar masyarakat yang belum menyadari dapat memahami pentingnya hidup sehat, termasuk ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik tentunya”.

Menurut Sudiarto, Germas menjadi faktor kunci untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Barito Selatan. Program ini dianggap sebagai upaya untuk mengurangi risiko penularan penyakit dari lingkungan sekitar. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam menjalankan program Germas.

Sudiarto juga mengajukan permintaan kepada kepala desa di Barito Selatan untuk memprioritaskan pembangunan sanitasi, termasuk sistem pembuangan air limbah untuk mandi dan WC bagi masyarakat. "Program ini dapat dianggarkan melalui dana desa, dengan harapan Barsel dapat terbebas dari pencemaran sungai akibat jamban yang belum memadai," tambahnya. Selain itu, ia mendorong pembangunan WC komunal yang sehat sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments