Barsel

Peran Strategis Kepala Desa dalam Pembangunan Kawasan Pedesaan

BUNTOK – Krusialnya Peranan Kepala Desa (Kades) harus bekerja secara optimal untuk mengembangkan desa-desa pelosok yang masih membutuhkan sentuhan pembangunan. Dimana disini desa memiliki peran penting sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi di wilayah pelosok. Selasa, 21/11/2023 hal tersebut dikemukakan  H. Raden Sudarto, selaku Anggota DPRD Barsel, dimana ia menyoroti peran krusial Kades sebagai pilar utama penyelenggaraan pembangunan di tingkat desa.

Sudarto menegaskan bahwa tugas Kades harus didorong oleh semangat pengabdian untuk menciptakan pembangunan yang lebih baik, didukung oleh program-program berkualitas. Kualitas dan kinerja Kades menjadi cermin dari kemajuan suatu desa. Beliau memperhatikan bahwa beberapa desa masih belum terpantau dengan baik akibat kelalaian dalam menjalankan program pemerintahan desa sesuai dengan harapan masyarakat.

"Diperlukan kerjasama seluruh komponen masyarakat dan perangkat desa. Komunikasi efektif dan kebijakan yang bijaksana perlu diutamakan sebagai solusi atas berbagai permasalahan di desa," harap Sudarto. Wakil rakyat dapil I Barsel juga mengimbau agar Kades menjalankan program pemerintah dengan sungguh-sungguh, terutama dalam mengelola anggaran yang diberikan oleh pemerintah, demi terwujudnya perencanaan dan program desa sesuai dengan kepentingan desa.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments