Katingan

DPRD Ingatkan Pemda Percepat Vaksinasi

KATINGAN – Ketua DPRD Kabupaten Katingan Marwan Susanto mengingatkan pemerintah kabupaten supaya mengejar target vaksinasi Covid-19 diseluruh segmen kategori usia.

“Alasannya, target vaksinasi Covid-19 pada dosis satu yang tersisa per 15 Januari 2022 dari 120.640 terealisasi sekitar 73,49 persen atau sebanyak 88.660,” ungkap Marwan Susanto, Ketua DPRD Katingan, Rabu (19/1/2022).

Kendati Katingan sudah mencapai 70 persen. Namun, masih menempati posisi ke 11 di Kalimantan Tengah untuk dosis satu. Sedangkan, realisasi vaksinasi untuk dosis kedua masih 42 persen.

“Saya meminta kepada pemerintah kabupaten agar berusaha dalam mengejar target vaksin. Dinas Kesehatan agar berkolaborasi dengan Polri dan TNI,” jelasnya.

Ia menegaskan, memang saat ini vaksin anak di usia 6 hingga 12 bisa dilakukan. Pasalnya, memang terdapat kelonggaran dari keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat dikeluarkan 13 Januari 2022. “Walaupun vaksin tidak sampai 60 persen. Vaksinasi anak usia 6 tinggi 12 tahun diperbolehkan,” jelasnya.

Dengan adanya kelonggaran tersebut, akan mempercepat pelaksanaan dan target vaksin di setiap daerah. Namun, dirinya meminta agar target vaksin ini bisa dilaksanakan dengan baik.

“Jika melebihi 60 persen bahkan 70 persen sangat lebih baik. Maka, percepatan vaksin ini akan mencegah dan menekan penularan virus Corona di Katingan. Saya mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker,” tandasnya. 

(Nofriyanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments