Katingan

DPRD Katingan Mendukung Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela sebagai Agenda Tahunan

KATINGAN – Pentingnya mempertahankan dan menyelenggarakan Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (FKBAT) setiap tahun sebagai upaya pelestarian kearifan lokal Hal tersebut diungkapkan dengan tegas oleh.Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan.

Rabu, 15/11/2023, Ia mengatakan dihadapan awak media, Rudi Hartono, anggota DPRD Kabupaten Katingan, memberikan penjelasan bahwa FKBAT, dengan perlombaan seperti Lomba Trompa Panjang, Mengaruhi atau menangkap ikan di air berlumpur, dan Engran, mencerminkan kekhasan budaya Katingan yang harus dilestarikan. "Ini adalah ciri khas budaya yang harus tetap hidup," ungkapnya.

Menurut Rudi, di era digital saat ini, kemudahan akses terhadap berbagai kebutuhan dan keinginan dapat berdampak pada budaya lokal jika tidak diberdayakan. "Dalam dunia yang semakin modern, kebudayaan kita mungkin terdegradasi jika tidak dijaga dan dikembangkan dengan baik," katanya.

Rudi juga mengapresiasi inisiatif Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan yang menjadi pelopor penyelenggaraan FKBAT. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan untuk terus menanamkan nilai-nilai kearifan lokal kepada generasi muda, khususnya dalam bentuk seni.

Terakhir ia mengatakan, " Saya sangat berterima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga atas penyelenggaraan kegiatan ini. Semoga FKBAT dapat terus menjadi bagian dari agenda tahunan yang memperkuat dan memelihara kearifan lokal," tandasnya.

 

 

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments