Katingan

DPRD Katingan: Perlu Intensifikasi Pengawasan untuk Cegah Ilegal Logging

KATINGAN -  Perlunya pengawasan intensif terhadap aktivitas ilegal logging oleh aparat penegak hukum dan pemerintah daerah. Hal tersebut dikemukakan oleh Rudi Hartono, selaku anggota DPRD Kabupaten Katingan,

Pada hari Selasa, 06/06/2023, Ia mengatakan, "Tindakan Ilegal Logging merupakan pelanggaran hukum yang serius. Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan oleh individu atau kelompok yang mengeksploitasi hasil hutan, berpotensi merusak ekosistem hutan, dan dapat menyebabkan bencana banjir,dan tentunya berdampak sangat merugikan, terutama bagi masyarakat," ungkapnya tegas.

Rudi berpendapat bahwa partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan pemberdayaan sangat penting agar mereka merasa terlibat dalam usaha menjaga keberlanjutan hutan. Kesadaran tinggi dan kerjasama masyarakat dianggap sebagai langkah efektif untuk mencegah aktivitas ilegal logging terjadi.

Ia menambahkan, "Jika menemui kegiatan ilegal, diharapkan dapat melaporkan agar dapat segera ditindaklanjuti. Tujuannya adalah untuk memberantas aktivitas ilegal tersebut terjadi dan agar cepat diantisipasi sebelum berlanjut," ujarnya.

Ia juga menekankan perlunya pendidikan dan kesadaran sejak dini dari pemerintah untuk mencegah masyarakat terlibat dalam aktivitas ilegal. Dampak jangka panjang yang ditimbulkan oleh ilegal logging dapat merugikan banyak pihak, dan upaya preventif perlu ditekankan.

"Peringatan dan teguran perlu diberikan secara konsisten untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan mencegah dampak buruknya. Semua pihak harus memahami bahwa aktivitas ini bukan hanya berbahaya, tetapi juga melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi yang tegas agar bisa menimbulkan efek jera bagi pelakunya," tutupnya lugas.

 

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments