Katingan

Ketua DPRD Katingan Antisipasi Pentingnya Pencegahan Pungutan Liar yang berdampak merugikan

KATINGAN -- Pentingnya pencegahan terhadap praktik pungutan liar (pungli) yang mungkin dilakukan oleh pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah Hal tersebut diungkapkan oleh Marwan Susanto, selaku Ketua DPRD Kabupaten Katingan,

Kamis, 08/06/2023, Ia mengatakan, "Marilah kita bersama-sama mencegah terjadinya pungli. Terlebih lagi, ini sudah menjadi peringatan dan instruksi langsung dari pemerintah pusat. Di tingkat daerah, kita perlu secara aktif memberikan informasi kepada masyarakat mengenai tugas, peran, dan manfaat dari Siber Pungli yang telah dibentuk agar bisa berjalan sesuai dengan tujuannya," ujar nya lugas.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, sekaligus memberikan himbauan mengenai pelayanan publik sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009. Segala  upaya pencegahan dan ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama memberantas praktik pungli.

Ia menghimbau, "Ayo kita dukung agar program ini bisa berjalan dengan lancar, demi mewujudkan sistem birokrasi dan pelayanan publik yang bersih, jujur, dan transparan. Salah satu caranya adalah dengan melaporkan jika menjadi korban pungli dan menolak menjadi pelaku pungli, agar tidak menimbulkan kerugian dari pihak manapun," tambahnya.

Untuk itu ia menekankan pentingnya melaporkan setiap indikasi pungli yang mungkin terjadi di dalam daerah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan sebagainya, karena tentunya akan berdampak langsung merugikan masyarakat itu sendiri.

"Warga memiliki hak untuk menyampaikan dan melaporkan setiap kasus pungli. Apalagi jika hal tersebut berdampak langsung pada pelayanan dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Ini menjadi catatan penting bagi semua pihak agar dapat diperhatikan secara serius," lugasnya.

 (Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments