Katingan

Hanafi: Tim Pemadam Kebakaran Diminta Aktif Patroli Cegah Kebakaran di Katingan

KATINGAN -- Perlunya tim pemadam kebakaran untuk aktif berpatroli di titik-titik yang dianggap rawan kebakaran, mengingat cuaca panas akibat musim kemarau. Hanafi menekankan bahwa Katingan saat ini masuk dalam zona siaga dan perlu waspada terhadap potensi kebakaran. Hal tersebut diungkapkan Hanafi, selaku Anggota DPRD Kabupaten Katingan.

Pada hari Jumat, 09/06/2023, Ia mengatakan, "Sudah seharusnya BPBD setempat bersama relawan dapat menyiasati dan memperkirakan potensi bencana yang mungkin terjadi kapan saja dan di mana saja akibat cuaca kemarau yang cukup panas ini membuat Katingan masuk zona siaga dan waspada terhadap kebakaran yang bisa terjadi," ujarnya lugas.

Hanafi menilai bahwa dalam menghadapi potensi kebakaran, tim pemadam kebakaran harus dapat bergerak cepat untuk memadamkan api. Gerakan cepat ini menunjukkan kesiapan instansi teknis dalam menghadapi risiko kebakaran yang dapat terjadi.

Ia menambahkan, "Segala usaha pemadaman ini tidak boleh hanya bergantung pada pihak BPBD, polisi, dan TNI saja. Masyarakat juga harus didorong untuk membantu dan berpartisipasi dalam mencegah Karhutla di Katingan,karena dengan saling bersinergi akan lebih solid hasilnya," ujarnya.

Menurutnya, ketika kebakaran tidak ditangani dengan cepat, titik api dapat dengan mudah melebar dan merambah area hutan dan lahan di sekitarnya, bahkan dapat menjalar ke area pemukiman masyarakat, yang tentunya akan sangat merugikan.

"Hutan dan sumber daya alam akan terdampak jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, dampaknya dapat merugikan masyarakat dan daerah di masa mendatang," tegasnya.

Hanafi menekankan perlunya sinergi antara pemerintah, pihak terkait, dan masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat memacu semangat dalam penanganan kebakaran dan pencegahan Karhutla di Katingan.

 

 

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments