Barsel

DSPMD Barsel Dorong BUMDes Terapkan Tata Kelola Keuangan yang Baik

Buntok – Adanya himbauan kepada seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayahnya agar memastikan tata kelola keuangan sesuai peraturan. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selviriyatmi.

Ia mengkritisi beberapa BUMDes telah melaksanakan kegiatan tetapi kurang memadai dalam pencatatan keuangan seperti pemasukan, pengeluaran, dan pembuatan neraca. Sehingga menuutnya hal tersebut jadi mempersulit pengumpulan data yang solid.

Selviriyatmi menyampaikan, "Saya melihat dilapangan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tengah memberikan pendampingan, monitoring, dan evaluasi terhadap pelaporan keuangan BUMDes di Barsel." Ia berharap agar BUMDes di Kabupaten Barsel dapat berinovasi untuk meningkatkan kinerja dan mencapai kemajuan. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan maksimal sesuai dengan upaya yang telah dilakukan.

"Kami juga berharap BUMDes dapat membuka cabang usaha, karena memiliki hanya satu cabang usaha dapat merendahkan pendapatan," tambahnya. Dengan meningkatnya aktivitas BUMDes, Selviriyatmi menyatakan bahwa ini secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat setempat.

 

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments