P. Raya

Duwel Rawing : Dinamika Penyusunan Agenda Di Lembaga Legislatif.

Palangka Raya – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing kepada awak media, Senin 22 Agustus 2022 mengatakan bahwa penyusunan agenda di lembaga wakil rakyat itu cukup dinamis dan sering kali membutuhkan banyak penyesuaian.

Hal tersebut menurut politisi senior PDI Perjuangan Kalteng ini, sebelumnya juga telah disampaikan ke pihak DPRD Katingan dan Kotim sebelum melakukan kunjungan ke DPRD Kalteng untuk mengetahui terkait dengan mekanisme penyusunan agenda.

“Tugas dan fungsi dewan yang utama adalah menyerap serta memperjuangkan aspirasi masyarakat, sesuai dengan sumpah jabatan pada saat dilantik pertama kali menjadi wakil rakyat,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga membeberkan berdasarkan aturan perundang-undangan terdapat dua sumber utama dalam penyesuaian tersebut, yakni melewati musrenbang baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten atau provinsi dan ada yang melewati aspirasi dewan.

“Pada saat anggota dewan selesai melaksanakan pertemuan dengan masyarakat dalam rangka menyerap aspirasi, hasil pertemuan tersebut bisa dijadikan bahan pembahasan dalam musrenbang, termasuk pertimbangan dalam penyesuaian ketersediaan anggaran serta sinkronisasi RPJMD,” pungkas Duwel.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments