P. Pisau

Empat Program Unggulan Mahasiswa KKN-T Reguler UPR 2021 ‘Diapresiasi’ Kades & BPD Jabiren

PULANG PISAU - Pelaksanaan Kegiatan dan Implementasi Program kerja mahasiswa KKN-T Reguler 2021 Universitas Palangka Raya di Desa Jabiren mendapat apresiasi oleh pemangku kepentingan setempat. 

Kepala Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Asio H. Unil menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN-T UPR terutama dengan Empat program kerja yang diimplementasikan di antaranya program kerja unggulan.

“Pencegahan penyebaran Covid-19 ini merupakan suatu terobosan baru dan sangat bermanfaat bagi masyarakat dari mahasiswa KKN-T Reguler universitas Palangka Raya 2021 di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau,” kata Kades Jabiren ini. 

Sementara itu, Ketua BPD Desa Jabiren Aprianitha Jaisantri, mengapresiasi kegiatan-kegiatan mahasiswa KKN-T Reguler Universitas Palangka Raya sangat membantu warga masyarakat selama berada di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau. dan juga diutarakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Hj. Revi Sunaryati, MM. dan juga selaku sebagai dosen di Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UPR sudah selayaknya desa-desa yang berada di wilayah Kalimantan Tengah khususnya di Desa Jabiren ini diberikan pendampingan secara langsung bagi masyarakat dalam hal Pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami berharap dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Reguler 2021 ini dapat memberikan manfaat dan setiap kegiatan tetap menerapkan Protokol kesehatan dengan baik dan benar.’ Katanya.

Dalam catatan, Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali melakukan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada, 5 Agustus-5 September 2021. Pelaksanaan KKN-T Reguler 2021 memang ada sedikit perbedaan dengan pelaksanaan KKN-T sebelumnya yang dilaksanakan secara luring dimana KKN-T Reguler 2021 ini mahasiswa melaksanakannya dengan metode hybrid yaitu secara daring dan luring. 

Hal ini di disebabkan oleh kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi dan penerapan PPKM Level 4 di beberapa kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Pulang Pisau.
Pelaksanaan KKN-T Daring oleh kelompok Desa Jabiren dilakukan dengan berkoordinasi secara daring dengan pihak Desa, menyiapkan program kerja baik dalam bentuk digital (video tutorial) maupun program kerja yang nantinya harus dilaksanakan pada saat kelompok berada di lokasi.

Pelaksanaan KKN-T Reguler 2021 secara luring baru dapat dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 1-5 Semptember 2021 untuk wilayah kabupaten pulang pisau. 

Kelompok Desa Jabiren melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan Tema Universitas Palangka Raya Bersinergi dengan Kabupaten Dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Perdesaan.
Dalam hal ini kelompok Desa Jabiren meluncurkan Empat program kerja yang diantaranya program kerja utama, Pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD), Pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan lahan pekarangan, Pengembangan UMK, dan satu program kerja unggulan yaitu Pencegahan penyebaran Covid-19.

Freshyuriantus yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil UPR, pembuatan hand sanitizer, pembagian tempat cuci tangan dibeberapa titik rawan,  serta memberikan himbauan kepada masyarakat disekitar Desa Jabiren merupakan salah satu cara yang efektif dimasa pandemi ini dengan cara langsung kelapangan merealisasikan cara penanganan pencegahan covid-19 yang sekarang juga tengah dihadapi oleh seluruh pelosok dunia.

Lebih lanjut Andri Kristianto ketua Kelompok KKN-T Reguler UPR Desa Jabiren mengatakan “bahwa Pencegahan penyebaran Covid-19, Merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa KKN-T dalam hal menghimbau serta memberikan sosialisasi Tentang protokol kesehatan kepada warga masyarakat terkhusus nya Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

 

(Dewi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments