P. Raya

Faridawaty Darland Atjeh  Minta Setiap Daerah Di Kalteng Menjaga Dan Mengelola DAS

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh meminta setiap daerah di Kalteng ini untuk menjaga dan mengelola keberadaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada dengan baik.

Menurut Farida, menjaga dan mengelola DAS harus dilakukan secara ber-kesinambungan serta saling bersinergi antara Pemprov Kalteng dengan pemkab maupun pemkot dan masyarakat agar bisa maksimal.

"Pengelolaan DAS perlu didukung perda, dan itu juga untuk meningkatkan indeks hidup agar lebih berkualitas, dan pelestarian setiap wilayah DAS di Kalteng bisa optimal," ujarnya Jumat 24 Februari 2023.

Ekosistem di wilayah DAS perlu pelihara dan dijaga dengan baik, utamanya juga dalam mengantisipasi persoalan limbah. Ada berbagai macam limbah yang dapat merusak ekosistem di DAS baik itu limbah rumah tangga, pertanian, maupun pabrik.

"Permasalahan limbah yang dapat merusak DAS sebisa mungkin diantisipasi secara dini, agar ekosistem yang ada dapat terus terjaga dan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan masuarakat," ucapnya

Selain itu, masalah kemiskinan, tingginya tingkat run off, erosi dan sedimen, perambahan cagar alam rawa danau, dan ancaman terhadap supply air, serta ancaman global warming  juga perlu menjadi perhatian bersama.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments