P. Raya

Siti Nafsiah Anggaran Pengentasan Kemiskinan harus tepat sasaran

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah turut menanggapi pengalokasian anggaran pengentasan kemiskinan dari pemerintah yang tergolong besar. 

"Anggaran pengentasan kemiskinan harusnya tepat sasaran. Anggaran itu harus digunakan untuk membiayai program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, program kerja yang telah ditetapkan harus dijalankan," katanya, Jumat 24 Februari 2023.

Politisi Partai Golkar ini pun mendorong semua lembaga maupun instansi terkait khususnya di Kalteng agar melakukan reformasi besar-besaran untuk meningkatkan efektivitas program pengentasan kemiskinan dan meminimalisir anggaran supaya digunakan efektif.

Misalnya, memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan rapat maupun sosialisasi program kemiskinan untuk menghemat anggaran, dan lebih menajamkan program pengentasan kemiskinan yang benar-benar efektif untuk bisa mengurangi angka kemiskinan di Kalteng khususnya dan Indonesia secara umum.

Tidak lupa ia pun meminta agar dinas atau instansi maupun badan terkait penanganan kemiskinan di Kalteng supaya dapat terus bekerja giat dan maksimal dalam rangka melaksanakan program serta kegiatan yang di rencanakan pada tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas tampak kesal mengetahui anggaran pengentasan kemiskinan kerap digunakan salah sasaran. Padahal, anggaran penanganan kemiskinan sangat besar yakni mencapai Rp 500 triliun, tapi jumlah orang miskin hanya berkurang sedikit.

Rendahnya efektivitas pengentasan program kemiskinan tersebut, kata dia,  lantaran kementerian atau lembaga terkait sibuk melakukan studi banding saja. Selain itu, kementerian atau lembaga terkait juga dinilai terlalu banyak melakukan rapat program kemiskinan di hotel ketimbang melakukan aksi nyata mengentaskan kemiskinan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments