P. Pisau

Faskes di Pulang Pisau Belum Terpenuhi

PULANG PISAU - Dinas Kesehatan Kabuapten Pulang Pisau (Dinkes Pulpis) menyebut bahwa masih ada beberapa jenis fasilitas kesehatan (Faskes) di sejumlah Puskesmas hingga saat ini belum terpenuhi, khususnya tenaga kesehatan (Nakes) seperti tenaga Apoteker dan dokter gigi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan drg Sopiah, mengaku masih ada beberapa masalah yang belum terpenuhi jenis tenaga kesehatan sesuai standar, seperti tenaga apoteker dan dokter gigi.

"Padahal, sesuai peraturan Kemenkes, Puskesmas harus memiliki minimal 9 jenis tenaga kesehatan," ucap drg Sopiah.

Namun demikian, pihaknya bersyukur karena ada program khusus tenaga kesehatan dari Kemenkes, yakni Nusantara Sehat, dan ini nantinya akan membantu pemenuhan tenaga kesehatan di Puskesmas untuk wilayah Pulpis.

"Alhamdulilah, kita bersyukur untuk mengatasi hal tersebut ada program dari Kemenkes, yakni Nusantara Sehat," katanya.

Sopiyah menjelaskan untuk tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan ditugaskan selama 2 tahun diseluruh wilayah termasuk Pulpis.

Sementara untuk pengusulan tenaga kesehatan Nusantara Sehat ini, lanjutnya, dalam setiap tahun meng update data dan mengjitung jumlah kebutuhan tenaga kesehatan pada semua Puskesmas, selanjutnya diusulkan ke Kemenkes melalui BPPSMDK.

"Teknisnya, Kemenkes akan membuka formasi ke seluruh Indonesia. Bagi yang berminat, bisa langsung mendaftar secara online dan dapat memilih formasi tersebut. Sementara Pemkab mengusulkan apa yang kurang untuk wilayahnya," jelas Sopiyah.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments