P. Raya

Festival Literasi tahun 2024 Dengan Tema "Communications Revolution”

Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Festival Literasi Tahun 2024 dengan mengusung tema “Communications Revolution”, bertempat di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Selasa (22/10/2024).

Festival Literasi dibuka secara resmi oleh Plh. Kadispursip Provinsi Kalteng Arthur Mukkun mewakili Gubernur Kalteng. Dalam sambutannya  mengatakan, perpustakaan daerah sebagai pusat ilmu pengetahuan dan informasi untuk masyarakat memiliki peran dalam mewujudkan tujuan mencerdaskan masyarakat. “Artinya kedudukan perpustakaan tidak bisa diabaikan sebagai salah satu unsur pendukung informasi di daerah,"Ucap Arthur Mukkun.

Dispursip Kalteng di Bidang Perpustakaan berpegang pada Regulasi Daerah yakni Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengembangan Perpustakaan Provinsi Kalteng serta memperhatikan pelaksanaan Peraturan Gubernur Kalteng sebagai dasar dan acuan pelaksanaan tugas bidang-bidang dan sekaligus dalam pembudayaan gemar membaca di Provinsi Kalteng. 

Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2020 tentang Pembudayaan Gemar Membaca yang bertujuan untuk meningkatkan minat, kegemaran, dan kebiasaan membaca masyarakat Kalteng yang efektif, sehingga dapat mendorong terciptanya masyarakat pembaca, menuju masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Pasal 3 “Pembudayaan Gemar Membaca melalui kegiatan sosialisasi, promosi, kompetisi dan apresiasi”. Pasal 6 point 1 menyatakan bahwa “Kompetisi diselenggarakan dalam bentuk perlombaan sebagai bentuk pemberian penghargaan gerakan gemar membaca.

Ia menambahkan,Kadispursip Kalteng mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, baik itu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/ Kota se-Kalteng, masyarakat dan juga para jurnalis media yang sudah membantu dalam memberitakan dan mengkampanyekan gemar membaca.

Kegiatan dihadiri oleh, Kabid Pengembangan di Dispursip Provinsi Kalteng Elahni Hajati S. W., Perwakilan dari Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, dan Para Narasumber serta Para peserta Festival Literasi Tahun 2024.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments