Bartim

Festival Nansarunai Jajaka Jadi Ajang Pelestarian Adat Budaya Barito Timur

TAMIANG LAYANG - Berbagai lomba permainan rakyat akan meriahkan festival nansarunai jajaka tahun 2023 di Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan menjadi ajang pelestarian adat budaya lokal. Kegiatan festival dipusatkan di ruang terbuka hijau Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur pada 5 sampai dengan 7 mei 2023 dibuka oleh wakil bupati barito timur habib said abdul saleh.

Pembukaan dilanjutkan dengan fashion karnaval, parade tari gelang dan parade band etnik. Dilanjutkan dengan lomba makanan tradisional, Malamang (Membuat Lemang). Kemudian juga lomba permainan tradisional manyipet dan balogo, parade band etnik dan parade tari gelang, tutur Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur Dra. Herawani, Mm usai mengikuti rangkaian pembukaan festival, jumat 5 mei 2023.

Menurutnya festival nasarunai jajaka merupakan event tahunan Disbudparpora Kabupaten Barito timur yang dilaksanakan setiap tahun untuk melestarikan adat dan Budaya Barito Timur.

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments