Barut

Kodim 1013 Mtw Laksanakan Program Penghijauan Penanaman Pohon

MUARA TEWEH - Kodim 1013 Muara Teweh telah melaksanakan program penghijauan penanaman pohon dengan melibatkan isntansi lain. Penanaman pohon di lingkungan Kodim ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamongpraja, mahasiswa dan pelajar serta insan Pers, Sabtu (6/5/2023).

Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf. Edi Purwoko melalui Pasi Teritorial Kodim 1013/Mtw Kapten Inf. Mufit Asnari mengatakan, penanaman pohon merupakan kecintaan, dan kepedulian terhadap bumi dimana manusia hidup secara umum.

Perlu disadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutaNberupa kayu dan hasil hutan bukan kayu untuk kebutuhan pangan. Juga ketersediaan air sumber energi dan jasa lingkungan lainnya  termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan koservasi keanekaragaman hayati.

" saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak," kata Dandim.

Selain rusak imguhnya, pencemaran udara mengakibatkab langit di atas kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. Sementara itu lahan sekitarnya sering terlihat gersang serta hutan banyak yang rusak.

Akibatnya bila musim hujan sering mengalami bencana banjir. Sebaliknya pada musim kemarau mengalami kekeringan. Ini merupakan pertanda kondisi hutan dan lingkungan mulai rusak.sehingga tidak berfungsi secara optimal. Menurutnya, hutan yang rusak tidak dapat lagi berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan manusia. Ini sangat berbahaya dan harus dihentikan dengan program penanaman pohon.

"Untuk masa depan generasi muda, karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang, tetapi sesuati yang kita pinjam dari generaai yang akan datang," urainya.

Johannes, CSR Officer PT.Pama Persada Nusantara saat hadir acara penanaman mengatakan, jumlah pohon yang ditanam ada 1000 bibit. Bantuan Bibit ini merupakan program CSR perusahaan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Johannes juga memaparkan, program CSR yang diberikan untuk wilayah operasi, selain penghijauan juga pendidikan, dan sarana umum lainnya di tengah masyarakat.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments