Katingan

Festival Sepan Tamakar, Lestarikan Budaya Katingan

KATINGAN – Festival Sepan Tamakar merupakan event penting yang menampilkan seni budaya tradisional seperti Karunggut yang intinya ikut melestarikan budaya Katingan. 

Dikatakan Rudi Hartono, Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Festival Sepan Tamakar yang dilakukan masyarakat di Kelurahan Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Katingan dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, patut diapresiasi, karena dari serangkaian kegiatan yang ada, memiliki makna penting terkait mempertahankan dan melestarikan budaya Katingan, terutama pada generasi muda.

“Sebagai wakil rakyat, tentu sangat mengapresiasi festival tersebut, karena, dengan giat seperti itu, budaya kita tetap bertahan dan dilestarikan,” Ungkap Rudi Hartono. Anggota DPRD Katingan, Sabtu (10/06/2023).

Diakui Rudi, Festival Sepan Tamakar, jarang dilaksanakan di Kasongan sebagai Ibu Kota Kabupaten Katingan, namun untuk kecamatan Katingan Tengah dan Katingan Hulu, hampir setiap tahun selalu di gelar. 

“Kami sangat mendukung kegiatan tersebut, karena selain memberikan hiburan kepada masyarakat, tentu ikut melestarikan budaya kita Katingan,” Tuturnya.

Kegiatan yang melibatkan anak-anak mulai pelajar SD, SMP dan SMA, serta masyarakat umum, juga dimeriahkan dengan berbagai aktivitas UKM serta hiburan yang biasa dijumpai saat pasar malam.


“Jadi giat ini, benar-benar ikut memberikan hiburan bagi masyarakat serta mendorong bagi pelaku-pelaku ekonomi,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments