P. Raya

FKUB Prov. Kalteng Adakan Sekolah Moderasi Jilid 2, Memahami Moderasi Agama Kristen, Katolik Dan  Budha

PALANGKA RAYA - Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB ) Provinsi  Kalimantan Tengah, mengadakan Sekolah Moderasi Jilid 2, dengan tema memahami Moderasi Keagamaan Kristen Protestan , Katolik dan Budha  di Aula FKUB Provinsi Kalteng pada, Sabtu 5/11/2022 .

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor FKUB Provinsi Kalteng kali ini , di buka oleh Kepala Kanwil Kementrian  Agama Kalimantan Tengah melalui Kabag Tata Usaha Drs.H.Tuani,S.Ag .

Sekolah Moderasi Jilid 2 ini menghadirkan pemateri dari tokoh agama Kristen Protestan, Katolik dan tokoh agama Budha, yang diikuti secara virtual oleh tokoh lintas suku dan agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pemuda mahasiswa, serta Ormas paguyuban yang ada di Kalimantan Tengah .

Tokoh Agama Budha Dr.Joko Santoso,S.Ag M.M dalam materinya menyampaikan bahwa dalam  agama Budha ada beberapa dasar tingkatan bagi umatnya menjaga kerukunan antara umat , yaitu :

1.Kamandhatu, yang melambangkan kehidupan di dunia yang penuh dengan keburukan, nafsu dan dosa .

2.Rupadhatu, melambangkan manusia yang sudah lepas dari hawa nafsu tetapi masih terikat dengan hal  duniawi .

3.Arupadhatu, melambangkan manusia yang bisa mengendalikan hawa nafsu, ego dan kebencian .

Untuk Agama Kristen Protestan, Pdt.Rajagukguk,M.Th mengatakan, dalam ajaran kristen di dasari pada ajaran Kristus dan Alkitab.

Selanjutnya Katolik disampaikan oleh Diakon Andreas Jimmy,PR.S.Fil, dalam materinya, gereja memberikan ruang Inkulturasi dalam keberagaman .

Ketua FKUB Provinsi Kalteng H.Bulkani melalui Sekretarisnya Drs.H.Riduan Syahrani  M.Si, mengatakan seluruh pengurus FKUB Provinsi Kalteng akan terus berupaya merawat dan menjaga kerukunan di Kalteng dengan berbagai program dan inovasi kegiatan bersama  semua elemen masyarakat .

(Palangka Raya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments