P. Pisau

Fokuskan penanggulangan Stunting, Pemkab Pulpis kerjasama dengan IGC

PULANG PISAU - Bertempat di Aula Kantor Bappedalitbang daerah Pulpis, pada Jumat 24/02/2023, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bekerjasama dengan Indonesian Gastronomy Community (IGC), melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), telah melaksanakan upaya Advokasi dan Edukasi terkait Peran Pangan Lokal untuk mencegah Stunting.

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, menegaskan bahwa penanggulangan Stunting harus menjadi upaya bersama yang melibatkan pemerintah, sektor swasta, tokoh agama, dan masyarakat. Ia menekankan bahwa perubahan dimulai dari lingkungan keluarga dan individu masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi kepada IGC atas pilihan Pulang Pisau sebagai lokasi percontohan dalam penurunan angka Stunting melalui edukasi panganan lokal.

Ia mengungkapkan pentingnya membangun ketahanan keluarga di berbagai aspek, termasuk kesehatan, ekonomi, pendidikan anak, dan kebahagiaan keluarga. Menurutnya, upaya ini akan memiliki dampak positif dalam mengurangi Stunting, mulai dari perbaikan gizi, lingkungan yang sehat, akses pendidikan, hingga stabilitas pendapatan.

Ia juga mencatat bahwa Kabupaten Pulang Pisau telah mensosialisasikan program dapur sehat untuk mengatasi Stunting, yang dikenal dengan nama DASHAT, yang diselenggarakan oleh DP3PA2KB di berbagai desa, termasuk desa berkualitas.

 

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments