Barsel

Gaji Guru Honor Akan Naik 100 %

BUNTOK - Kabar gembira untuk para tenaga honor guru di lingkup Pemkab Barsel. Pasalnya Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan akan menaikan gaji guru non ASN sebesar 100 %. “Dari hasil blusukan ke beberapa sekolah mendapatkan fakta yang miris. Guru non ASN hanya digaji Rp. 300 ribu perbulan. Mua makan apa dengan gaji tiga ratus ribu rupiah perbulan. Saya tanyakan ke pak sekda, berapa anggaran untuk gaji guru non ASN setahun. Dijawab sekda Rp. 6 milyar hingga 12 milyar”, kata Deddy saat memberikan sambutan pada acara penyerahan SK PPPK guru, Rabu (12/7/2023) di GPU Jaro Pirarahan Buntok. Dia menambakan, dengan penambahan tersebut gaji guru non ASN baru naik menjadi Rp. 600 ribu perbulan.

Masih sangat sedikit. Tapi minimal ada peningkatan dan perhatian dari pemerintah daerah. Tolong usulan penambahan gaji guru pada pembahasan APBD Perubahan agar dapat disetujui oleh pimpinan dan anggota dewan yang terhormat.

“Kenaikan dari Rp. 300 ribu menjadi Rp. 600 ribu, masih belum layak. Untuk tahun ini itu dulu. Untuk tahun depan kita akan lihat anggarannya, kalau memungkinkan akan kita naikan lagi.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, kenapa ? Karena mereka mendidik generasi muda kita dari yang tidak bisa menjadi bisa. Cantoh yang di depan sini. Ibu saya adalah seorang guru SD. Saya bisa menjadi pejabat eselon II di Kementrian Dalam Negeri dan sekarang menjadi Penjabat Bupati, karena didikan guru dan orang tua”, ajar Deddy.

Masih kata Dedy, pekerjaan yang ibu bapak pilih ini adalah pekerjaan yang mulia. Tapi disertai tanggungjawab yang berat. Bapak ibu semua diminta untuk menyiapkan generasi muda yang unggul, cerdas dan sehat. Tentu saja melalui proses pendidikan.

Bapak ibu diminta untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevalusi peserta didik.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments