P. Pisau

Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Pulang Pisau Tingkatkan Kesadaran Gizi Remaja

PULANG PISAU - Bertempat di halaman sekolah MAN 1 Pulang Pisau, pada hari Jumat (13/09/2024), Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau bekerja sama dengan MAN 1 Pulang Pisau Plus Keterampilan melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi, yang mana dalam kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari MAN 1 dan MTsN 1 Pulang Pisau. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya gizi seimbang dan kesehatan di kalangan remaja.

Senam bersama  yang diikuti oleh seluruh peserta menjadi pembuka kegiatan tersebut, Setelah itu, para siswa menikmati sarapan bersama yang bergizi lengkap. Selain itu, peserta mendapatkan edukasi mengenai pentingnya gizi seimbang dan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) khusus untuk remaja putri.

Informasi ini disampaikan oleh perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pulang Pisau,  Dimana tujuan yang ingin dicapai dari Gerakan Nasional Aksi Bergizi tersebut untuk menumbuhkan kebiasaan baik di kalangan siswa, seperti rutin mengonsumsi TTD, makan makanan bergizi seimbang, dan beraktivitas fisik secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan remaja, terutama dalam mencegah anemia pada remaja putri yang sering kali menjadi masalah kesehatan di kalangan mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, menjelaskan bahwa Program Aksi Bergizi ini sejalan dengan upaya menciptakan sekolah dan madrasah sehat melalui konsep TRIAS UKS/M, yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah yang sehat. Program ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem sekolah yang mendukung kesehatan fisik dan mental para siswa.

Dalam sambutannya, dr. Pande juga menekankan pentingnya melaksanakan kegiatan ini secara rutin untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang gizi remaja, mencegah anemia, dan mendukung program pencegahan stunting. Dengan kebiasaan baik seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan minum TTD setiap minggu, siswa dapat tumbuh sehat dan menjadi generasi yang bebas dari stunting.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments