Kalteng

Grand Final Kontes Channa Festival DPRD Cap 1 Di Kobar

PANGKALAN BUN - 115 peserta yang mengikuti kontes channa festival DPRD cap 1 tahun 2022 di Kabupaten Kotawaringin Barat sukses digelar. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diselengarakan di Kalimantan Tengah.

Juri terbaik didatangkan dari banjarmasin dan Palangka Raya untuk dapat menilai ikan terbaik milik peserta yang di konteskan dari mulai ikan channa progresan hingga yang berukuran jumbo dan merupakan ikan endemik Kalimantan Tengah seperti channa maru red pangkalan bun, red sampit dan red barito.

Selama 4 hari digelar ribuan pengunjung mendatangi arena kontes yang dilaksanakan di hall terbuka café kopi petik Pangkalan Bun. Warga yang merasa penasaran karena tidak menyangka ikan channa yang dulunya dikonsumsi dan dijadikan ikan asin oleh para nelayan tradisional menjadi mahal dan pengirimannya hingga ke luar negeri karena ke indahan sisik batik bunga ditubuhnya.

Pemenang pada kontes channa festival DPRD cap 1 bersama Pangkalan Bun mendapatkan piala dan uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi sesama penghobi khususnya  di Kalimantan Tengah untuk terus menjaga dan melestarika serta mengenalkan Ikan Channa Maru Red Borneo, sudah go internasional.

Bambang suherman berjanji bersama pemerintah daerah akan menganggarkan untuk kegiatan pameran dan kontes channa festival secara rutin dan akan membangun tugu channa red maru,  seperti tugu ikan jelawat di Kota Sampit.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments