Kalteng

Gubernur Kalteng : Banyak Hasil Pertanian yang Dijual Hinggga ke Jawa

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan, dalam pengembangan sektor pertanian di daerah ini, pemerintah melihat yang menjadi kesulitan petani adalah saat pembukaan lahan dan terkait dengan pupuk. Kemudian saat panen, keterkaitan dengan pemasaran dan sebagainya.

“Petani ini sangat penting bagi pemerintah, untuk menjaga kedaulatan pangan, sehingga petani ini harus dibantu,” kata Sugianto, Kamis (30/7).  Untuk pemasaran, menurut Sugianto, saat ini sayur-sayuran dari Kalteng sudah ada yang dijual ke provinsi lain, seperti ke Kalimantan Selatan. Bahkan ada juga yang sampai ke Pulau Jawa. Termasuk berbagai hasil perkebunan lainya, seperti nanas, kelapa dalam dan lainnya. 

"Selain pengembangan tanamannya, pemasarannya juga harus terus di dorong. Terlebih di zaman digital saat ini, maka para petani harus diajari atau dapat menggunakan teknologi informasi ini," ujar Sugianto, saat ditemui di Palangka Raya, baru-baru ini.

Ia berharap, pemasaran hasil panen pertanian atau perkebunan itu dapat dilakukan melalui jaringan media sosial yang ada, sehingga pasar dan konsumenya akan lebih luas.
Untuk itu, ia meminta para petani agar bekerja keras dan cerdas dan didukung oleh pemerintah untuk mengembangkan berbagai komoditi unggulan yang ada di daerah ini.  

(MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments