P. Raya

Gubernur Kalteng Minta Inovasi Untuk Meningkatkan Indikator Makro Pembangunan

PALANGKA RAYA  - Mengawali hari pertama masuk kerja setelah libur Tahun Baru 2022 Gubernur Sugianto Sabran memimpin langsung Apel Besar yang diikuti Aparatur Sipil Negara dan seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi  Kalimantan Tengah, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kota Palangka Raya pada Senin, 3 Januari 2022.

Pada hari pertama masuk kerja di tahun 2022 pemerintah provinsi Kalimantan Tengah menggelar apel besar di halamam kantor gubernur bersama seluruh ASN di ruang lingkup provinsi Kalimantan Tengah. Pada kesempatan itu gubernu Sugianto Sabran turut hadir untuk memimpin langsung apel besar tersebut.

Mengawali sambutannya gubernu kalimantan tengah Sugianto sabran menyampaikan terimakasih atas pencapaian dari Pemprov Kalteng di tahun 2021 termasuk dapat melewati tantangan besar yaitu pandemi COVID-19, sehingga sebagian besar program pembangunan terfokus untuk menangani bencana non alam tersebut. Oleh karena itu Gubernur meminta seluruh jajaran untuk terus menggencarkan kedisiplinan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi.

Selanjutnya orang nomor 1 di provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan capaian indikator makro pembangunan Kalteng di tahun 2021, antara lain: Pertumbuhan ekonomi naik sebesar 3,57% pada Triwulan III 2021 dibandingkan periode sama Tahun 2020; persentase penduduk miskin 5,16%; Tingkat Pengangguran Terbuka 4,53%; Gini Ratio 0,323; dan Indeks Pembangunan Manusia 71,25.  

Gubernur pun meminta agar hal ini dipertahankan dan ditingkatkan dengan terobosan-terobosan dan inovasi, mengingat di masa pandemi Covid-19 dana transfer dari pusat ke daerah cenderung terjadi pengurangan, sehingga PAD menjadi satu-satunya sumber pembiayaan pembangunan. Gubernur berharap Tahun Baru 2022 ini menjadi awal dari semangat baru untuk bangkit menuju Kalteng Makin BERKAH sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2021-2026.

 

(Fardoari Reketno)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments