Kalteng

Gubernur Minta Bupati/Walikota Siapkan Tempat Karantina

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan, hingga kini obat penangkal Covid-19 belum ditemukan. Karena itu, pemerintah terus berupaya menekan penularannya agar kasus positif yang baru bisa berkurang.

Untuk itu, pemerintah selalu menganjurkan masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dan sebagainya. Karena dengan menggunakan masker yang benar saja sudah dapat mengurangi resiko tertular mencapai 80 persen.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, kata Sugianto, saat ini angka kesembuhan pasien Covid-19 di daerah ini bagus dan jumlahnya terus meningkat. Namun hal tersebut jangan membuat masyarakat terlena, karena dikhawatirkan kasus positif baru kembali melonjak.

"Saat ini yang kita soroti itu, Kabupaten Kapuas, Barito Utara, Gunung Mas, Kotawaringin Timur, Barito Selatan," ujar Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, saat ditemui di lingkungan Kantor Gubernur Kalteng, Senin (13/7/2020).

Karena dikhwatirkan, kasus Covid-19 di daerah itu mengedap dan nanti baru terbuka. Sedangkan untuk sejumlah daerah lainnya,  seperti Kota Palangka Raya, Kotawaringin Barat terus mengejar, melakukan penelusuran, melakukan pelacakan.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan,  pihaknya sudah menginstruksikan Bulati/Walikota se Kalteng untuk siapkan tempat karantina. “Jangan lagi ada karantina mandiri,” tegasnya.

Jika ketika dilakukan rapid test dan hasilnya reatif, maka dilakukan karantina terlebih dulu sebelum melakukan swab. Bagi yang negatif langsung bisa pulang, sedangkan bagi yang positif langsung masuk untuk pengobatan.

Kemudian, bagi keluarganya yang ada di rumah juga dilakukan pemeriksaan. Hal ini harus dilakukan untuk meminimalisir penyebarannya atau menekan kasus Covid-19 di daerah ini, ujarnya.  

(MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments