Kalteng

Gubernur Terus Salurkan Sapi Kurban

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran terus mendistribusikan 294 sapi kurban berjenis sapi bali hingga brahman cross ke 14 kabupaten/kota. Saat ini sudah ada dua kabupaten yang menerima sapi kurban, yakni Kapuas 35 ekor sapi dan Murung Raya 18 ekor.

“Pendistribusian dilakukan secara bertahap dan jumlah yang dibagikan disesuaikan agar pembagiannya merata dan semua daerah merasakan,” kata Sugianto.

Ia menyebut, sapi kurban yang dibagikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada seluruh masyarakat, pada masa pandemi covid-19.  Ia juga menginstruksikanagar bantaun keagamaan berupa hewan kurban harus sampai kepada penerimanya, sehingga masyarakat dapat menikmati dan mensyukuri kurban di tahun 2020 ini.

Tema Hari Raya Iduladha tahun ini adalah: “Berbagi Kurban, Berbagi Kebahagiaan Dan Berbagi Keberkahan di Tengah Pandemi”. Mengingat suasana Idul Adha tahun ini dalam masa pandemi diharapkan masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta disiplin terhadap protokol kesehatan. Terutama pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan massa yang melibatkan banyak orang.

Bagi panitia penyembelihan hewan kurban, Sugianto mengingatkan agar mematuhi surat edaran menteri agama tentang penyelenggaraan Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dalam masa covid-19 antaranya penerapan jaga jarak, mengatur kepadatan lokasi penyembelihan, penerapan kebersihan personel atau anggota panitia dan penerapan kebersihan alat.

Selain itu Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, sapi kurban pemberian presiden berbobot 1,2 ton.

“Rencananya sapi kurban tersebut akan dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) Kalampangan sesuai protokol kesehatan akan diserahkan ke Masjid Aqidah di Jalan Tambun Bungai, untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang berhak,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, diwakili oleh Kepala BKAD Provinsi Kalteng Nuryakin, menyerahkan sapi kurban secara simbolis untuk Kabupaten Murung Raya, Rabu (29/7) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Rejikinnor, Ketua MUI Mura Mislan Abrory, Ketua PCNU, Ketua MUhammadiyah dan Ketua DMI Mura, SOPD setempat. Selain itu, turut hadir juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Jimmy Carter, dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Sirajul Rahman, Henry, Yulilis, untuk menyaksikan penyerahan hewan kurban yang bersumber dari APBD Provinsi Kalteng tersebut.

(BPKP/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments