P. Pisau

Guna mencapai cakupan UHC Pemkab Pulpis maksimalkan peranan BPJS

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan strategi yang matang. Salah satu langkah yang diambil adalah memaksimalkan peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) guna mencapai cakupan Universal Health Coverage (UHC) dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Kesehatan, Pande Putu Gina, menjelaskan melalui Kabid Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK), Lambang Sucongko, bahwa tahun 2023 ini persentase peserta BPJS mencapai 80%. Langkah-langkah dilakukan untuk memaksimalkan dana Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditujukan kepada masyarakat kurang mampu, guna menjaga inklusivitas pelayanan kesehatan.

Pihaknya juga tengah berfokus pada validasi data peserta BPJS melalui kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Tujuan utama dari validasi ini adalah untuk merinci peserta yang masih aktif dan mengevaluasi peserta yang tidak aktif lagi, sehingga antrian pelayanan dapat lebih efisien.

Meski sudah menganggarkan dana untuk pelaksanaan program ini, Dinas Kesehatan masih terus berupaya memastikan data yang akurat dan terkini. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pendataan dan memprioritaskan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan, seperti pasien dalam kondisi gawat darurat, orang sakit, kurang mampu, dan orang dengan gangguan jiwa.

Upaya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau ini menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata kepada masyarakat, serta terus beradaptasi dengan perubahan demi terciptanya sistem jaminan sosial yang efektif dan inklusif. 

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments