P. Raya

H. Edy Pratowo Terima Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja Dari BPK 

Palangka Raya – Wakil Gubernur Prov. Kalteng H. Edy Pratowo menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Prov. Kalteng atas Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Berbasis Kerja Sama Industri dan Dunia Kerja Dalam Rangka Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing Tahun Anggaran 2020 dan Semester I 2021 pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Instansi Terkait Lainnya. Kegiatan ini digelar secara langsung dari Ruang VIP Lantai 2 Kantor BPK RI Perwakilan Prov. Kalteng, Rabu 15 Desember 2021.

LHP diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Prov. Kalteng Agus Priyono didampingi Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Pemeriksa di Lingkungan BPK Perwakilan Kalteng. Pada kesempatan ini Agus Priyono juga menyerahkan LHP kepada DPRD Prov. Kalteng.

Dalam sambutannya, Kalan BPK Prov. Kalteng Agus Priyono menyampaikan bahwasanya Penyerahan LHP ini merupakan suatu kewajiban konstitusional yang artinya sesuai dengan aturan perundangan bahwa LHP BPK yang sudah selesai itu diserahkan kepada Pemerintah Daerah. Diharapkan Pemerintah Daerah punya kewajiban untuk menindak lanjuti rekomendasi yang ada di LHP Paling lambat adalah 60 hari terhitung mulai hari ini.

“Mudah-mudahan kami berharap tidak sampai 60 hari nanti sudah bisa diselesaikan. Tentunya rekomendasi itu ditujukan kepada Pemerintah dan juga kepada Dinas dalam hal ini Dinas Pendidikan Prov. Kalteng dan Dinas terkait karena untuk Pendidikan vokasi ini merupakan salah satu prioritas nasional”, ucap Agus Priyono.

Sebagai informasi Tujuan pemeriksaan adalah untuk menilai efektivitas upaya Pemprov. Kalteng dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis kerja sama industri dan dunia kerja dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemeriksaan mencakup penyelenggaraan pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan menengah pada Pemprov. Kalteng untuk Tahun Anggaran 2020 dan Semester I 2021 dengan sasaran meliputi 5 aspek, yaitu Peningkatan peran dan kerja sama industri dan dunia kerja dalam pendidikan vokasi; Reformasi penyelenggaraan pendidikan vokasi; Peningkatan kualitas pendidik vokasi; dan Penguatan sistem sertifikasi kompetensi.

Hadir secara langsung Wakil Ketua Komisi III DPD Prov. Kalteng Hj. Siti Nafsiah beserta jajaran, Asisten Administrasi Umum Lies Fahimah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan H. A. Syaifudi serta Kepala Dinas Terkait.

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments