P. Raya

Kelurahan Sabaru Adakan MMK Dan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

PALANGKA RAYA - Kelurahan Sabaru Kecamatan Sabangau, adakan musyawarah menjaring aspirasi masyarakat bidang kesehatan dan Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan, Selasa 14/12/2021.

Untuk menyerap aspirasi masyarakat dibidang kesehatan, Kelurahan Sabaru bersama Puskesmas Kereng Bangkirai mengadakan Musyawarah Masyarakat Kelurahan yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Sabaru.

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, RT, RW, Kader posyandu, petugas kesehatan dari puskesmas Kereng Bangkirai, dimulai dengan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta yang hadir, dilanjutkan dengan senam ceria bersama.

Aspirasi dari RW/RT menginginkan peningkatan pelayanan kesehatan kepada warga, seperti pemberian vitamin bagi balita manula yang tidak mampu, Posyandu, masalah sampah dan peran aktif petugas kesehatan untuk lebih ke lapangan melihat serta memberikan sosialisasi pelayanan kepada warga.

Dalam aspirasinya, 3 (tiga) Rukun Warga dalam wilayah Kelurahan Sabaru menginginkan pembuatan TPS (Tempat pembuangan sementara), BPJS warga yang tidak mampu, pemberian tablet FE untuk remaja, pemberantasan nyamuk DBD serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

RW 1 dan RW 3 menginginkan gedung tempat pelayanan Posyandu dan masalah pasar yang berada d jalur hijau terkesan mengurangi estetika lingkungan. Sedangkan RW 2 yang di sampaikan oleh ketua RT 4 /RW 2 Tri wahyana,ST. menyampaikan 8 usulan. Salah satunya memohon optimalisasi tenaga kesehatan memberikan pelayanan kepada warga yang tidak mampu melalui Posyandu dan meminta pembuatan tempat sampah sementara karena banyak warga yang membuang sampah ke pengaringan yang membuat sampah banyak bertumpuk di pengaringan tersebut.

Kepala puskesmas kereng bangkirai Hellyana mengatakan Musyawarah Masyarakat Kelurahan Sabaru ini diadakan untuk lebih menyerap permasalahan warga terutama dibidang kesehatan dan untuk persiapan Deklarasi Stop Buang Air Besar di wilayah Sabaru Tahun 2022 nanti, karena menurut data, warga Sabaru sudah 100% tidak membuang air besar sembarangan.

Lurah Sabaru Ahmad Djunaidi, SE, menegaskan musyawarah ini untuk lebih menyerap dan memperkuat aspirasi masyarakat di Musrenbang yang setiap tahun di laksanakan. Kegiatan diakhiri dengan membubuhkan tanda tangan oleh semua peserta sebagai bentuk komitmen bersama terhadap hasil MMK (Musyawarah Masyarakat Kelurahan) yang nantinya akan diusulkan ke pemerintah.

 

(Altius Utama)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments