P. Raya

H M Hasan Busyairi Meminta Pemko Atasi Masalah Layanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya M Hasan Busyairi meminta pemerintah kota setempat mengatasi persoalan layanan bagi peserta BPJS Kesehatan yang kerap dialami ketika datang ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas maupun rumah sakit.

"Untuk itu perlu dilakukan perbaikan serta evaluasi pada pelayanannya," katanya,  pada Kamis 30 Maret 2023.

Politisi Golkar itu menyebutkan masalah pelayanan BPJS Kesehatan yang banyak diadukan meliputi masalah antrean pelayanan, pasien yang ditolak rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Selain itu, tindakan tertentu seperti operasi yang kerap mundur atau sulitnya mendapatkan jadwal tindakan juga banyak dilaporkan masyarakat. Hal ini perlu menjadi perhatian agar cakupan UHC tidak sia-sia namun didukung model pelayanan yang mumpuni.

Menurutnya perbaikan tersebut sejalan dengan transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh kementerian. Sehingga bisa diterapkan pada sektor pelayanan terkecil sekalipun di daerah setempat.

Ada 6 pilar transformasi kesehatan yang diinisiasi, antara lain Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments