P. Raya

H. Nuryakin Hadiri Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan TTG Unggulan Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2024.

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin membuka secara resmi Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2024.

Kegiatan ini digelar Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk mencoba menggali potensi-potensi yang ada dan memberi ruang bagi masyarakat luas (inovator) untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan bidang teknologi, khususnya TTG.

Sekda H. Nuryakin menyampaikan pemanfaatan TTG sangat diperlukan, baik secara individu maupun melalui kelembagaan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), sesuai kebutuhan dan dapat menjawab permasalahan masyarakat, sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) dan Transmigrasi RI Nomor 23 Tahun 2017 yang dalam hal ini dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan produktivitas dalam mengelola sumber daya yang ada di wilayah.

“Untuk meningkatkan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna, baik individu maupun melalui Pos Pelayanan Teknologi maka perlu ada keselarasan dengan potensi wilayah, sehingga hasil inovasi dapat bermanfaat secara optimal, berkelanjutan, dan profesional”, tuturnya.

Lebih lanjut H. Nuryakin menyampaikan bahwa pelaksanaan Lomba Inovasi Teknologi ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah Perdesaan, sehingga dapat menghasilkan Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.

Lomba yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Palangka Raya ini merupakan ajang kompetisi yang melahirkan inventor-inventor untuk menciptakan inovasi agar menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian lokal serta menjadi media untuk menumbuhkembangkan inovasi di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai informasi, TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta memberikan nilai tambah aspek ekonomi dan lingkungan.

Turut menghadiri Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalteng Etty Aprilya beserta seluruh jajaran, Para Dewan Juri Lomba Inovasi TTG dan Teknologi Tepat Guna Unggulan serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota se-Kalteng atau yang mewakili.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments