P. Raya

Hari Ibu Tahun 2022 Bawi Dayak Kalteng Ajak Wanita Untuk Mandiri 

PALANGKA RAYA - Asosiasi Bawi Dayak Budaya dan Wisata (ASBADATA) Kalimantan Tengah dalam menyambut Hari Ibu tahun 2022 ini, melalui Ketuanya Hj. Muliadina mengatakan, seorang ibu mempunyai peran  penting dalam mendidik, membentuk kehidupan keluarga, dalam jaman era modern sekarang ini banyak tantangan dan tuntutan yang di hadapi perempuan perempuan Indonesia, seperti halnya perempuan Perempuan Dayak yang ada di Kalteng ini.

’’Tidak bisa dipungkiri peran tanggungbjawab ibu dalam sebuah keluarga, selain menjalankan kodratnya seorang ibu, seperti mengurus rumah, mendidik ,mengurus  dan merawat anak ,melayani  serta mengurus suami bahkan  memenuhi tuntutan ekonomi serta tanggung jawab terhadap lingkungannya,” tutur Hj.Muliadina,  Kamis ( 22/12/2022).

Ditambahkannya, seorang ibu dituntut untuk ikut berperan lebih dalam sebuah keluarga dan lingkungan sosialnya,karena suatu keadaan yang harus di hadapi , di mana tak ada yang menandingi kepasrahan seorang ibu yang tengah di rundung rasa cinta terhadap tugas dan kodrat kemanusiaannya.

“Untuk itu Asosiasi Bawi Dayak sesuai visi misinya, akan terus berjuang dan mengajak ibu ibu Dayak untuk terus bangkit mandiri, berjuang untuk keluarga dan lingkungan agar lebih baik ,’’jelasnya.

Muliadina juga mengatakan, ’’perempuan masa kini harus sadar, bahwasannya mereka mempunyai akses dan kesempatan yang sama untuk memperoleh peran aktif dalam memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, pendidikan budaya dan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian ,pengakuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Pada akhirnya akan memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak ,sesuai dengan tema hari ibu tahun ini yaitu,’’ Perempuan Berdaya  Maju,’’ ujarnya berharap.

Seperti di ketahui ASBADATA KALTENG adalah organisasi yang di dirikan pada tanggal 27 desember 2016 dan di kukuhkan pada 15 januari 2017 ini , beranggotakan bawi ( Wanita) Dayak dari berbagai kalangan ,yang mempunyai visi dan misi mengangkat harkat dan martabat Wanita bawi Dayak melalui berbagai bidang .

,’’Selamat Hari Ibu Tahun 2022, semoga Ibu selalu menjadi panutan, suri tauladan bagi kita semua dan mendidik putra putrinya menjadi generasi yang cerdas berbangsa dan bernegara serta cinta NKRI,’’

Bawi Dayak Kalimantan Tengah juga mengucapkan,’’ Selamat Natal 2022 dan Selamat Menyambut Tahun Baru 2023, semoga Kasih Tuhan Menyertai kita semua,’’

Bawi Dayak , Jaya, jaya, jaya.

 

(Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments