P. Pisau

Hari Jadi Pemkab Pulpis Ke 19, Taty Ajak semua Pihak Terus Berkarya

Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) Jumat (02/07/2021) memperingati hari jadi yang ke 19 tahun, kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Pulpis itu diikuti oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H Edy Pratowo secara virtual.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang dalam arahannya menyampaikan rasa kebahagiaannya  dan mengajak semua pihak  untuk sejenak dapat merenung, bahwa tidak terasa sudah 19 tahun usia berdirinya Kabupaten yang bertajuk Bumi Handep Hapakat ini.

"Pastinya banyak suka dan duka yang sudah kita lalui bersama, namun sejatinya saya yakin dilandaskan semangat kebersamaan Handep Hapakat yang dipadukan dengan falsafah Huma Betang untuk saling bergotong royong dan saling bertoleransi antar sesama serta dengan pertolongan yang maha kuasa kita pasti mampu untuk melalui berbagai macam tantangan kedepan," katanya.

Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke 19 Pemkab Pulpis Mengangkat Tema “Pulang Pisau Barigas” dengan sub tema dengan semangat hari jadi ke-19 Kabupaten Pulang Pisau, bersama mewujudkan Bumi Handep Hapakat yang inovatif, produktif dan sehat dalam tatanan baru.

"Saya mengajak semua pihak, Dinas / Badan dan Mitra dari pihak Forkopimda untuk terus berkarya dalam membangun Pulpis kearah yang lebih baik lagi," ajak Taty, Sapaan akrab Plt Bupati Pulpis itu.

Dalam kesempatan itu ia tidak lupa menyampaikan untuk Pelaksanaan Vaksin, Taty  mendapatkan laporan dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau sampai dengan tanggal 28 juni 2021, capaian vaksin tahap pertama sangat baik yakni 112,44 persen, dari target alokasi vaksin 22.825, dengan sasaran utama adalah tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia serta masyarakat lainnya, dosis yang digunakan terpakai tercatat 25.664.

"Artinya capaian penyaluran vaksin kita telah melampaui target namun demikian untuk capaian pemberian vaksin dosis tahap kedua sejauh ini masih berjalan dan diharapkan dapat mencapai target yang diharapkan," ucapnya.

Sedangkan dari capaian hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkab Pulpis, dapat disampaikan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi 2020 menurut data BPS adalah 2,69 persen.

Laju pertumbuhan ekonomi Pulpis menempati urutan tertinggi ke 2 Di Kalteng. Dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut, kontribusi terbesar diberikan oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 36,76 persen.

"Hal ini menjadi relevan bagi kita semua, masuknya program ketahanan pangan food estate menjadi pemicu dan memberikan dampak luas bagi pembangunan serta kesejahteraan Masyarakat Pulpis," ungkapnya. 

Sementara hasil rembuk stunting yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Pulpis beberapa waktu yang lalu, telah ditetapkan 12 Desa fokus sasaran program penanganan stunting di tahun 2022, baik intervensi program secara spesifik maupun sensitif dari OPD lingkup Pulpis.

Disamping itu, Pemkab Pulpis juga fokus pada pembukaan keterisolasian daerah dan peningkatan jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan dan terus diupayakan peningkatannya.

"Sedangkan untuk tata kelola Pemerintahan, untuk tahun 2020 telah mendapatkan opini WTP dari BPK Perwakilan Kalteng itu artinya, telah 6 tahun secara berturut turut pemerintah kabupaten pulang pisau mendapatkan perngharcaan tersebut ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama dari semua ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau rasa terima kasih saya haturkan untuk semua keberhasilan tersebut. tentunya dari semua pencapaian di atas, dengan segala kerendahan hati dan masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita kejar dan laksanakan saya ingin memberikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Pulang Pisau selaku mitra kerja Pemkab Pulpis," tutupnya.

Kabupaten yang bertajuk Bumi Handep Hapakat ini berdiri Pada tanggal 2 Juli 2002 bersama pembentukan 19 Kabupaten dan 3 Kota di 10 Propinsi se Indonesia, termasuk 8 Kabupaten baru di Propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Menteri Dalam Negeri RI atas nama Presiden Republik Indonesi.

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments