P. Pisau

Hasil Panen Meningkat, Harga Gabah Turun

PULANG PISAU - Petani di kawasan food estate di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau memasuki musim panen masa tanan Okmar (Oktober - Maret). 

Menurut keterangan salah satu petani di Desa Belanti Siam, Sutrisno, untuk hasil panen musim ini mengalami peningkatan yang cukup lumayan dari 3 musim panen sebelumnya.

"Alhamdulillah untuk musim panen kali ini mengalami peningkatan yang cukup lumayan dari 3 musim panen sebelumnya, sebelumnya kisaran 3 ton per hektare namun untuk panen sekarang bisa mencapai 5 ton per hektare," ungkapnya kepada media, Selasa (10/05/2022). 

Ditambahkan Sutrino, sebagai petani ia merasa senang dengan peningkatan hasil panen musim ini, tapi sayang harga gabah justru turun di saat harga sembako dan bahan bakar minyak (BBM) naik.

"Biasanya harga gabah 5000 per kilo gram namun sekarang cuma 4700 per kilogram. Kami berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait agar bisa membantu petani pasca panen sampai ke pemasarannya, karena harga obat-obatan pestisda dan herbisida juga naik semuanya," punkasnya.

(Sadiyo/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments