Barsel

Warga Rubang Panen Padi Dan Harapkan Bantuan Pemerintah

BUNTOK - Warga Rubang Kelurahan Buntok Kota Kecamatan  Dusun Selatan Barito Selatan, Minggu 8 mei 2022, memanen padi di lahan tidur seluas lima hektar. Buktinya warga pertahankan ketahanan pangan saat pandemi.

Memanfaatkan lahan tidur menjadi usaha produktif saat pandemi covid-19, selain menjaga ketahanan pangan, kegiatan bertani ini berpotensi memberikan lapangan pekerjaan pada warga setempat. Namun upaya ini kurang mendapat dorong dari pemerintah setempat untuk membantu fasilitas  pertanian yang dibutuhkan.

Warga Rubang Kelurahan Buntok Kota Kecamatan  Dusun Selatan Barito Selatan bersuka-cita. Pasalnya lahan tidur seluas lima  hektare yang mereka tanam padi tumbuh subur, pada hari minggu, 09 mei 2022 dipanen bersama.

Warga meyakini dengan hasil panen terbilang bagus ini, berdayaguna untuk menjaga ketahanan pangan dan perekonomian warga rubang yang beberapa waktu lalu mulai panen. Lahan mereka bisa dicanangkan sebagai kampung tangguh bila dibina dengan serius oleh pemerintah kabupaten barito selatan.

Untun Kasela yang disapa Pak Uka mengatakan pada kegiatan positif yang dilakoni bersama warga dan kelompok tani di lokasi rubang kecamatan dusun selatan barito selatan diharapkan menjadi contoh keberhasilan sejak empat belas tahun.

Pak Uka selaku penggagas kegiatan produktif di kawasan rubang mengatakan, kegiatan panen raya kali ini, meski di tengah banyak keterbatasan akibat pandemic, bisa diatasi dengan semangat kebersamaan.

Pak uka hadir memberikan semangat kepada warga yang sudah sukarela mandiri untuk tetap produktif di masa pandemi ini. . Meskipun di masa pandemi covid, warga Dusun Selatan Barito Selatan siap menerapkan PPKM mikro. Mereka proaktif menjaga kesehatan, dan berupaya  tetap produktif. Dan ternyata hari ini usaha warga berhasil.

Namun sangat disayangkan selama mereka bertani mengelola  sawahnya tidak ada perhatian khusus dari Pemerintah Barito Selatan  baik bantuan bibit, pupuk, insektisida  dan kelengkapan pertanian lainnya.  Selama ini mereka membeli dengan uang pribadi.

Mereka berharap  ke depan, Barito Selatan sudah bisa melakukan swasembada pangan sebagai bentuk ketahanan pangan. Setidaknya, Kabupaten Barito Selatan bisa ikut berkontribusi sekalipun tidak banyak namun  penting.

Oleh sebab itu, diharapkan para petani di rubang dapat terus tangguh. Selain tangguh menghadapi tantangan alam, seperti banjir, hama, dan gagal panen, saat ini wabah covid-19 turut menambah beban kehidupan sosial ekonomi petani.

(Ary Mampas)


 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments