Kalteng

Haul Akbar Kai Bagong dan Para Suhada di Kec. Kumai Kobar

KUMAI - Lebih dari 6 ribu warga di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat menghadiri acara Haul Akbar Kai Bagong dan para Suhada di area Pemakaman Umum Tanah Merah, Kelurahan Candi Kecamatan Kumai yang dihadiri Bupati Nurhidayah, bersama Rombongan Forkopimda Kobar serta Pangeran Arsadin dari Kesultanan Kutaringin.

Dilaksanakannya haul Akbar, di Kecamatan Kumai merupakan, suatu bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Saifan Bin Sito atau yang dikenal, dengan sebutan Kai Bagong yang merupakan seorang ulama besar dan tokoh pejuang kemerdekaan yang gugur melawan, pemerintahan belanda yang disebut dengan, pertempuran 14 januari 1946 di Perairan Kecamatan Kumai.

Warga berharap kepada, Pemerintah Kabupaten, Kotawaringin Barat, agar pelaksanaan, haul Akbar ini bisa dilaksanakan setiap tahun untuk menghormati dan mengenang jasa, Kai Bagong dan para Suhada agar bisa diingat dan dikenang selamanya. Warga juga berharap membuka area pemakaman umum tanah merah tempat, kai bagong, dimakamkan sebagai, tempat wisata religi.

Dalam acara haul akbar, pada selasa malam hadir anak perempuan Kai Bagong, bernama Arifah yang sudah berusia 96 tahun bersama 5 orang anaknya atau Cucu Kai Bagong bernama, Muhamad Sabri, Muhamad Sa’i, Mat Sahlan, Nusi dan Bachrudiansyah.

(Rudi Bintoro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments