P. Raya

Henry : Anggaran Untuk Meningkatkan SDM, APBD Dan APBN Perlu Dimaksimalkan

Palangka RayaAnggota DPRD Provinsi Kalteng, Henry mengatakan anggaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kalteng ini, baik anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) perlu dimaksimalkan.

Ia menyebut, pemerintah harus dapat memaksimalkan penggunaan anggaran tersebut untuk meningkatkan sektor pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan ujung tombak pengembangan SDM, sekaligus untuk memperbanyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kalteng.

"Peningkatan SDM itu erat kaitannya dengan pendidikan. Jika pendidikan ditingkatkan maka Kalteng akan mampu menghasilkan SDM yang berkualitas. Setelah itu, pemerintah tinggal mencanangkan program untuk memperluas lapangan kerja, sehingga SDM yang sudah siap, bisa terserap sepenuhnya," ujarnya, Jumat, 13 Januari 2023.

Selain itu, peningkatan kualitas SDM juga dapat menjadi langkah pemerintah untuk menghadapi ancaman resesi ekonomi yang mungkin terjadi di masa depan. Sebab, dengan SDM yang bekualitas, diharapkan setiap sumber daya yang dimiliki Kalteng bisa terkelola secara optimal untuk menguatkan ekonomi dan menambah pendapatan daerah.

Sejalan dengan itu, pemda juga harus memperluas kerja sama dengan berbagai pihak. Penyederhanaan birokrasi dan kemudahan perizinan menjadi langkah pertama agar semakin banyak investor yang masuk ke Kalteng. Dengan begitu, secara tidak langsung pemerintah juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments