P. Raya

Henry Menanggapi Wacana Pileg Proporsional Tertutup

Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng juga sebagai Politisi Partai Nasdem, Henry turut menanggapi wacana KPU RI yang hendak mengubah sistem pemilihan legislatif (Pileg) dari proporsional terbuka menjadi tertutup.

Dia mengatakan mengenai setuju tidak setuju terkait pileg proporsional tertutup itu tergantung keputusan dari KPU RI nantinya. Apabila memang diputuskan seperti itu semua pihak harus menerima hal tersebut dengan bijak.

"Tidak bisa juga kita mengatakan setuju atau tidak. Kita ini hanya bisa menerima jika memang diputuskan seperti itu. Meskipun kita teriak-teriak mengatakan tidak tapi diputuskan tertutup, ya harus diterima," katanya, Jumat, 13 Januari 2023.

Menurutnya, akan ada untung rugi bagi calon legislatif (Caleg) yang akan maju jika pileg proporsional tertutup. Sebab, apabila diterapkan demikian maka caleg berdasarkan penugasan dari partai politik yang akan duduk di kursi legislatif.

Di sisi lain, dalam hal penugasan pastinya partai akan lebih mengutamakan petugas partai yang menjadi caleg untuk menempati nomor urut 1 dalam daftar caleg yang akan mengikuti pileg, dan yang baru mendaftar akan berada dinomor urut bawah meski banyak mendapat dukungan dari masyarakat.

Berdasarkan informasi pileg proporsional tertutup apabila disetujui akan diterapkan pada Pemilu 2024. Artinya tidak ada lagi pencoblosan berdasarkan perseorangan namun partai dan caleg pun berdasarkan penugasan dari partai.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments