P. Raya

Himbauan Wagub, “Fokus sinergikan program program pengentasan kemiskinan di Kalimantan Tengah”

PALANGKA RAYA – Bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), saat menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022, H Edy Pratowo selaku Wakil Gubernur Kalimantan Tengah mengatakan pentingnya focus semua elemen menyinergikan program-program pengentasan kemiskinan di Kalimantan Tengah khususnya, Seni, (28/11/2022).

Katanya, “ Demi mewujudkan penurunan tingkat kemiskinan saat ini dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai elemen yang ada. Mesinergikan semua program-program dari Pusat dan Daerah, sinergitas antar sektor pembangunan yang ada, termasuk percepatan penyerapan dana pembangunan yang telah ada,” ungkapnya.

Dari data yang telah ada di BPS kondisi penduduk miskin di Kalteng selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang lumayan tinggi dari Maret 2020 sebesar 4,82 persen atau 134,594 ribu jiwa, September 2021 sebesar 5,16 persen atau 141,03 ribu jiwa, dan Maret 2022 naik menjadi  sebesar 5,28 persen atau 145,10 ribu jiwa.

Ia mengatakan, “Drai hasil data tersebut, saya meminta kepada Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Kalimantan Tengah dan Wakil Wali Kota/Wakil Bupati se-Kalimantan Tengah selaku Ketua TKPK kabupaten/kota se Kalimantan Tengah, untuk terus berperan aktif mengkoordinasikan dan merencanakan program/kegiatan penanggulangan kemiskinan secara realistis dan focus dala, penanganan ataupun permasalahan utama yang menjadi penyebab hal tersebut,” katanya lanjut.

Untuk mengatasi hal tersebut secara cepat, Pemerintah telah mengambil satu kebijakan berupa pemberian subsidi, dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan dasarnya yaitu melalui program Perlindungan Sosial, baik berupa pemberian beras, Bantuan Siswa Miskin atau Kartu Indonesia Pintar, Jamkesmas atau Kartu Indonesia Sehat, Jamkesda yang dialokasikan di setiap kabupaten/kota, Program Keluarga Harapan dan khusus di Kalteng ada Beasiswa Kalteng BERKAH, serta program pemberdayaan masyarakat miskin yang ditujukan untuk menekan angka kemiskinan yang tinggi secara cepat. Untuk itulah perlu Kerjasama semua elemen yang ada untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments