P. Raya

Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kalteng Tahun 2022 mengalami Peningkatan

PALANGKA RAYA – Jika sebelumnya kinerja DPMPTSP Kalteng berada pada peringkat 13, namun di tahun ini naik 2 peringkat menjadi peringkat ke  11.

Sutoyo selaku Kepala DPMPTSP Kalteng mengatakan pada awak media, “Dengan adanya kenaikan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah menjadi peringkat ke 11 penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah (Pemda) se Indonesia pada 2022 oleh Kementerian Investasi/BKPM sejak 30 Mei hingga 25 Juni 2022, yang mana 2021 menduduki peringkat ke 13,” tuturnya, Senin 28 November 2022.

Ia mengatakan  penilaian kinerja itu dilakukan  atas dasar amanat dari Presiden kepada Kepala BKPM, sesuai yang dimuat dalam Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2020, tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Sutoyo mengatakan, tujuan untuk mengetahui Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/Lembaga. Lalu kemudian melakukan evaluasi terhadap Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/ Lembaga. yang telah ada selama ini.

Katanya sebagai berikut, “ Selain itu ada beberapa tujuan lain, yaitu mengkualifikasi Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/Lembaga, dan memberikan pertimbangan kepada Kementerian Keuangan dalam pemberian penghargaan, dan/atau pengenaan sanksi kepada Pemda dan Kementerian Negara/Lembaga yang ada,” katanya.

Bberapa indikator yang mendasari Penilaian Kinerja PTSP, antara lain kelembagaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana kerja, implementasi OSS, serta output yang dihasilkan. Sedangkan indikator dari Penilaian Kinerja PPB, seperti adanya Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha, dan Peningkatan Iklim Investasi. “Pengisian data Kinerja PTSP dan Kinerja PPB Pemda, wajib dilakukan melalui http://penilaiankinerja.bkpm.go.id/, yang kemudian akan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Surveyor Indonesia,” tutupnya.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments