Barsel

 HUT Ke-51 KORPRI, ASN Harus Tingkatkan Integritas dan Semangat Pelayanan Publik

BUNTOK - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menggelar upacara peringatan yang berlangsung di halaman kantor Bupati setempat, Senin (29/11/2022).

Lisda Arriyana Pj Bupati Barsel menyampaikan, melalui peringatan HUT Korpri ini, semoga Korpri semakin sukses, maju, dan menjunjung tinggi Panca Prasetya Korpri dan teruslah berbakti untuk ibu pertiwi.

"Serta sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa lebih meningkatkan integritas dan semangat pelayanan publik yang baik," ujar Lisda Arriyana. Ia mengatakan, pihak-nya mengapresiasi darmabakti, pengabdian, dan kerja keras seluruh anggota Korpri dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan, terutama dalam 2 (dua) tahun terakhir ini saat negara Indonesia yang sedang berjuang dalam meng-hadapi pandemi covid-19 yang berdampak pada perekonomian nasional. Namun berkat dukungan dan semangat seluruh elemen bangsa, salah satunya peran strategis Korpri, pendemi tersebut mulai pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dalam membangun perekonomian Indonesia. Namun demikian kita harus tetap waspada dan senantiasa mawas diri menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi," kata orang nomor satu di Pemkab Barsel ini.

Ia mengungkapkan, Korpri juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa Indone-sia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, yang diarahkan agar bangsa Indonesia senanti asa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Lisda menambahkan, bagi setiap ASN harus memegang teguh nilai dasar dan semboyan yang sama yakni ‘BerAKHLAK’. Nilai-nilai ASN ‘BerAKHLAK’ memiliki makna
filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur itu sendiri.

"Nilai-nilai Pancasila tersebut merupakan nilai dasar BerAKHLAK yang juga merupakan panduan perilaku bagi Korpri dan ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab dan menjadi nilai-nilai yang mendasari kerja ASN yang memahami serta meme-nuhi kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Ia menuturkan, tema HUT Korpri pada tahun ini adalah "Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri", yang pada dasarnya Korpri memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Ia menambahkan, sesuai dengan tema tersebut ASN dapat bekerja dengan berkalobo-rasi dan mempunyai dedikasi yang tinggi serta mempunyai inovasi dalam bekerja guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Saya berharap bagi seluruh ASN/PNS di Kabupaten Barsel ini, dapat menjadikan momentum HUT Korpri ini sebagai wadah untuk intropeksi diri, untuk bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat," kata Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments