P. Raya

Implementasi Folu Net Sink 2030

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Agustan Saining saat ditemui pada kegiatan Rakornis Kehutanan Tahun 2023 yang di selenggarakan di Hotel Aquarius Palangka Raya Provinsi Kalteng, Senin (12/6/2023) mengatakan, diadakannya Rakornis ini ada empat Agenda utama. Pertama adalah, Bagaimana kita mengimplementasikan Program pemerintah Pusat yang sejalan dengan pemerintah Provinsi Kalteng Folu Net Sink 2030.

Folu Net Sink 2030 dari sektor Folu yaitu   menjaga hutan yang ada serta menanam lahan kritis, dengan cara beragam mulai dari rehabilitasi, mengembangkan  wisata alam , mengkreasi ekonomi masyarakat, dan  juga mengelola hutan masyarakat, me-maksimalkan lingkungan hidup itu mampu memberikan perlindungan, baik kesehatan kemudian karbon oksigen kepada masyarakat.Kemudian program lainnya melakukan pencegahan karhutla, mendukung ketahanan pangan di provinsi Kalteng.

Karena kehutanan memiliki beberapa peluang   pertama kelompok usaha kehuta-nan  sosial, kelompok tani hutan, dan rehabilitasi DAS yang bisa 10 persen dilakukan kegiatan ketahanan pangan, dan  nanti  akan direncanakan dan juga hari konservasi nasional  diawal bulan Agustus. Rencana awal mudah mudahan tidak mundur karna ada  karhutla akan di selenggarakan di Tangkiling Kota Palangka Raya,” jelas Agustan.

Lebih lanjut dikatakan Agustan, persiapan Karhutla sendiri sudah lebih dari seratus persen karna tiap hari dinas kehutanan mengontrol ke seluruh daerah sesuai arahan Setda, dinas kehutanan sendiri adamenyiapkan tim APH maupun MPH Masyarakat perduli Api, Jumlah 107 group yang terdiri dari 20.117 Personil. Tiap hari dipantau terus. Kegiatan penanggulangan kebakaran yang ada  di Barsel, Kotawaringin Barat, dan Lamandau dalam dua tiga hari ini kita lakukan penanganan.

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments