Kalteng

Kades Harus Bisa Gali Potensi Ekonomi Desa

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengharapkan kepada kepala desa (Kades) yang baru dilantik dapat menggali potensi desa di wilayahnya masing-masing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia berharap dengan adanya kades yang terpilih dapat mewakili keinginan masyarakatnya, dalam berbagai hal. Terutama pada sektor perekonomian, apa lagi saat ini pengaruh Covid-19 sangat berdampak sekali terhadap perekonomian masyarakat, sehingga dibutuhkan peranan seorang kepala desa yang mampu berinovasi guna meningkatkan perekonomian di desanya.

“Saya harap kades bisa mengangkat potensi desa untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dibutuhkan kepemimpinan yang cakap melihat celah demi mengangkat perekonomian desanya serta di perlukan kreatifitas yang tinggi untuk melihat peluang usaha sehingga bisa membantu warganya,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Sabtu (05/02/2022).

Dia mengatakan, masing-masing desa itu pastinya memiliki potensi misalnya seperti dibidang pertanian, perikanan, perkebunan dan masih banyak lagi, hanya saja yang perlu dimaksimalkan itu pengelolaannya  sehingga bisa berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Kalau memang ada potensinya jangan takut untuk mengelolanya, kita harus bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, jangan sampai hal tersebut tidak bisa terkelola dengan baik,” harapnya.

Diapun berharap dengan adanya dana desa setiap kepala desa bisa mengelola dengan baik, dan menghidupkan ekonomi kerakyatan diwilayahnya masing-masing, dengan memfaatkan setiap potensi yang ada agar masyarakat bisa terbantu. 

Dia berharap agar kepala desa berani membuat keputusan demi kemajuan desanya.

“Lakukan apapun itu asal bisa di pertanggung jawabkan, serta jelas tidak melanggar peraturan, saya rasa kegiatan pengelolaan desa bisa di lakukan. Saat ini yang sangat terdampak adalah perekonomian masyarakat, jadi saya berharap agar diusahakan membangun perekonomian desanya masing-masing,” pungkasnya.

(Giya/Altius) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments