Kapuas

Kadis Pertanian Dan Camat Panen Pare Serta Terong Di Kebun Lurah Sei Pasah

KAPUAS - Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah,Aswan bersama Camat Kapuas Hilir, Hajah Mahrita, belum lama ini melakukan panen padi dan panen tanaman holtikultura di lahan pertanian milik Lurah Sei Pasah, Bundal  yang juga berprofesi sebagai seorang petani.

Panen padi dan panen tanaman holtokultura yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Aswan dan Camat Kapuas Hilir, Hajah Mahrita di lahan pertanian milik lurah pasah ini juga diikuti oleh Kapolsek Kapuas Hilir, Akp Volvy Apriana dan Kepala Bidang Usaha Perikanan dan Kelautan  Dinas Perikanan Kapuas, Arjoni, serta perwakilan dari koramil dan juga tokoh adat setempat.

Adapun tanaman holtikultura yang dipanen saat itu adalah tanaman pare dan terong. Lurah Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir yang juga berprofesi sebagai seorang petani, bundal mengatakan, luas lahan pertanian yang dimilikinya berjumlah tiga hektar yang ditanami padi unggul dan padi lokal serta tanaman holtikultura seperti pare, terong, cabai dan timun.

Adapun untuk pemasaran hasil usaha pertaniannya, menurut bundal, tidaklah sulit, karena setiap harinya para pembeli datang langsung ke kebunnya. Untuk buah pare  dan terong dijual bundal kepada pembeli dengan harga murah yaitu sembilan ribu rupiah perkilogram.

Bundal mengaku, pandemi covid-19 tidak berpengaruh terhadap usaha pertaniannya. Bahkan warga banyak antusias untuk meniru kegiatan usaha pertaniannya ini guna menambah penghasilan di masa pandemi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Dinas Pertanian Kapuas, Aswan Mengatakan pihaknya dari dinas tekhnis akan selalu mensuport kegiatan usaha pertanian yang dilakukan oleh lurah Sei Pasha, dengan memberikan bantuan bibit tanaman holtikultura dan juga bibit tanaman pangan.

Sedangkan Camat Kapuas Hilir, Hajah Mahrita juga menyatakan sangat mendukung kegiatan usaha pertanian yang dikembangkan oleh Lurah Sei Pasah. Hal itu dapat menjadi contoh bagi kepala desa dan lurah lainnya yang ada di Kecamatan Kapuas Hilir.

 

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments