P. Raya

Kadiskes Prov. Kalteng Suyuti Syamsul Hadiri bakti kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya  

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Suyuti Syamsul menghadiri Bakti Kesehatan Polri yakni Operasi celah bibir & lelangit serta Khitanan Massal di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya, Biddokkes Polda Kalteng.

Bakti Kesehatan Polri digelar serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Peringati Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023. Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dalam arahannya, Kapolri menekankan salah satunya masalah stunting yang menjadi perhatian pemerintah, diminta kepada seluruh agar program stunting yang disediakan pemerintah yang menjadi kebijakan Presiden RI dapat didukung oleh semua pihak.

Selain itu juga, Kapolri mengajak seluruh stakeholders wujudkan Bonus demografi yang berkualitas. Untuk diketahui, Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang. Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia. Momentum tersebut tentu saja harus dihadapi dengan perencanaan yang matang.

Sementara itu, Kapusdokkes Polri, Irjen. Pol. dr. Asep Hendradiana saat menyampaikan laporannya secara virtual mengatakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 ini, jajaran biddokkes di wilayah pusat dan daerah menyelenggarakan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan menyelenggarakan bakti kesehatan mulai tanggal 1 s.d 30 Juni 2023. Puncak bakti kesehatan pada Kamis, 22 Juni 2023 diselenggarakan serentak dipusatkan di Polda Jatim yang diikuti okeh seluruh Polda se-Indonesia. Puncak bakti kesehatan yang diselenggarakan sekarang ini, menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari donor darah, operasi bibir sumbing dan langit-langit, khitanan massal, pengobatan massal, vaksinasi booster, operasi katarak, pendidikan dan pendampingan masyarakat terkait stunting serta masih banyak kegiatan lainnya.

Saat diwawancarai MMCKalteng, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara TK. III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mengatakan peserta Operasi Celah bibir & lelangit yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya ditargetkan berjumlah 8 orang dan peserta Khitanan Massal ditargetkan berjumlah 77 orang.

“Bakti kesehatan ini merupakan ucapan terima kasih Polri kepada masyarakat. Diharapkan pelayanan kesehatan ini dapat dirasakan masyarakat dan tentunya dapat memberikan rasa kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri”, pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul usai menghadiri bakti kesehatan mengutarakan bahwa Pemprov Kalteng sangat menyambut baik upaya-upaya untuk terus memberikan pelayanan ke masyarakat sekaligus menyambut baik semua upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan derajat kesehatan masyarakat.

Nampak hadir secara langsung di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto beserta Isteri dan Danrem 102/PJG Brigjen TNI Bayu Permana.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments