Seruyan

Kalangan Dewan Ingatkan PBS Ikut Menjaga Kelestarian Lingkungan

KUALA PEMBUANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, mengingatkan kepada seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS), khususnya perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Seruyan, untuk lebih memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjaga agar limbah perusahaan tidak keluar langsung ke sungai.

Dirinya berharap agar pihak PBS bisa melakukan pengelolaan yang baik dan benar dalam operasional perusahaan kelapa sawit sehingga menghindari potensi pencemaran lingkungan, terutama limbah dan obat-obatan yang sering di keluhkan masarakat mengalir kesungai langsung.

“Terkait pengelolaan limbah saya berharap agar pihak PBS terutama perkebunan kelapa sawit yang berada di Seruyan ini agar bisa menjaga kelestarian lingkungan, baik hutan dan sungai yang sering dikeluhkan masarakat” katanya, Senin 20/5/2024.

Ketua DPRD Seruyan mengatakan, bahwa setiap perusahaan yang berdiri seharusnya telah melakukan kajian atau analisis dampak lingkungan (Amdal). Oleh karena itu, dia menegaskan perlunya penerapan efektif dari hasil kajian tersebut, jangan sampai mencemari lingkungan dan pihak pemerintah daerah juga harus bisa melakukan pemeriksaan yang berkala agar meminimalisir pencemaran tersebut.

“ Kami tidak ingin ada perusahaan yang abai terhadap lingkungan sekitarnya dan berdampak pada keseimbangan ekosistem sehingga berdampak pada lingkungan yang dapat berimbas pada masyarakat sekitar.  Limbah jangan dibuang sembarangan, harus ada pengelolaan yang tepat, dan selalu perhatikan para pekerja, jangan sampai ada keteledoran yang berakibat fatal yang berimbas pada pencemaran lingkungan hidup sehingga ekosimtem terganggu,” Paparnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments