Seruyan

Kalangan Dewan Minta Pemda Bantu Pemasaran Padi Saat Panen Raya

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Seruyan, Bejo Rianto, menyampaikan bahwa banyak petani mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil panen, termasuk fluktuasi harga yang tidak stabil sehingga mengurangi keuntungan bagi petani, terutama petani padi.

Menurutnya keluhan akan fluktuasi harga padi setiap musim panen raya selalu saja terjadi. Hal ini harus ada campurtangan pemerintah dalam mencari solusi sehingga para petani padi tidak dirugikan setiap masa panen raya.

“Ada banyak keluhan dari para petani, ketika tiba masa panen mereka kesulitan memasarkan hasil panennya, termasuk harga yang tidak stabil, sedangkan kebanyakan petani dalam mengelola lahanya meminjam modal yang harus dikembalikan bila masa panen tiba. Namun yang terjadi harga sangat merugikan petani,” katanya Selasa 21/5/2024.

Dirinya meminta  kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan agar dapat menanggapi keluhan para petani, danmencarikan solusi atau pihak ketiga sebagai pembeli dengan ketentuan harga sesuai pasaran sehingga petani padi di kabupaten Seruyan ini bisa berhasil dan maju.

“Dengan adanya campur tangan pemerintah yang membantu memasarkan tentunya akan lebih meringankan para petani padi, sehingga para petani kita tidak di permainkan para tengkulak yang semaunya menetapkan harga, sehingga banyak petani mengalami kerugian” pungkasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments