Ekonomi

Kalteng Juga Dipercaya Kembangkan Singkong

FOTO: BPKP

BERDISKUSI – Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat berdiskusi tentang program pengembangan singkong di Kabupaten Gunung Mas, Jumat (20/11).

 

 

MALANG - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail Bin Yahya mengungkapkan selain program Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Pemerintah Pusat juga telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Kalimantan Tengah untuk program pengembangan singkong di Kabupaten Gunung Mas.

 

“Perlunya kami ke sini adalah untuk mengetahui kesiapan Balai Penelitian ini untuk mendukung program Pemerintah Pusat ini. Tadi sudah dikatakan bahwasanya yang biasanya setahun cuma 25.000 stik, tahun ini Balitkabi diperintahkan untuk mempersiapkan 500.000 stik untuk singkong,”  ujar Habib, saat meninjau Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Desa Kendal Payak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat, (20/11/2020).

 

Plt Gubernur Kalteng mengatakan Pemerintah Kalimantan Tengah sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat dan juga Balitkabi, yang telah memulai dukungannya untuk proyek besarnya ini, cadangan lahan strategis yaitu ketahanan pangan di Kalimantan Tengah untuk Indonesia.

 

Ia  mengungkapkan harapannya terkait program penanaman singkong tersebut. "Harapan ke depan benar-benar program-program ini, khususnya penanaman singkong, bisa menaikkan taraf hidup dan menjadi sumber penghasilan baru dari masyarakat Kalimantan Tengah, (serta) menggunakan sumber daya alamnya berupa lahan yang luas ini, tidak menjadi lahan yang nganggur lagi, tapi menjadi lahan yang benar-benar bisa dioptimalkan penggunaannya," pungkasnya.

 

 

(EDY/JJ)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments