Ekonomi

Kunjungi Balitkabi Cari Varietas yang Cocok Untuk Kalteng

FOTO: BPKP

KUNJUNGI BALITKABI - Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya meninjau Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Desa Kendal Payak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020).

MALANG - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya meninjau langsung ke Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Desa Kendal Payak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020).

 

Pada kesempatan itu, Habib Ismail menyampaikan bahwa kunjungannya adalah untuk melihat langsung berbagai varietas tanaman pangan yang dikembangkan Balitkabi.

 

“Selanjutnya mendapatkan masukan mengenai jenis varietas yang cocok dibudidayakan di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

 

Sementara itu, Plh Kepala Balitkabi Yuliantoro Baliadi menyambut baik kedatangan Plt Gubernur Kalteng beserta rombongan dan menyatakan kesiapan Balitkabi untuk mendukung program pertanian di Kalteng.

 

"Suatu kehormatan Balitkabi dikunjungi. Saya mewakili Kepala Badan menerima Bapak Plt. Gubernur dan jajarannya, kemudian siap untuk hadir, siap untuk mengikuti segala permintaan apapun yang nantinya di daratkan di Kalimantan Tengah, khususnya komoditas pangan," ucap Yuliantoro Baliadi.

 

Balitkabi Pakisaji ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), yang memiliki tugas melakukan penelitian tanaman aneka kacang dan umbi, antara lain ekofisiologi, pemuliaan, hama dan penyakit, pengelolaan dan pemanfaatan plasma nutfah, komponen teknologi, pascapanen dan penanganan hasil. Sejak 16 Desember 2014, Balitkabi ini telah dikukuhkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Aneka Kacang dan Umbi oleh Kementerian Ristek Dikti, dengan SK Menristek Nomor 48/M/Kp/XII/2014.

 

Turut mendampingi Plt Gubernur Kalteng dalam kunjungan kerja tersebut, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty, Plt Kepala Biro Perekonomian Setda Kalteng Said Salim, Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sutoyo, dan Kepala BPTP Kalteng Syamsuddin.

 

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments